ANALISIS DATA STANDAR KUALITAS dari SITUS WEB PEMERINTAHAN INDONESIA BIDANG TRANSPORTASI

Minggu, 07 Mei 20170 komentar

Hai Otatik Lovers, kali ini saya akan membuat jurnal analisis data standar kualitas dari suatu situs web pemerintahan yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (hubla.dephub.go.id), Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (hubdat.dephub.go.id), serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (hubud.dephub.go.id).

bisa anda baca dibawah ini





ANALISIS DATA STANDAR KUALITAS dari SITUS WEB PEMERINTAHAN INDONESIA BIDANG TRANSPORTASI

DATA ANALYSIS QUALITY STANDARDS of INDONESIA TRANSPORTATION ADMINISTRATION WEBSITES

Muhammad Andri Imawan1
1Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya No. 100, Pondok Cina, Depok 16424, Indonesia
otatik.blogspot.com
E-mail : 1andriimawan@student.gunadarma.ac.id

ABSTRAK
Penelitian ini dibuat dengan tujuan 1) Mendapatkan data analisis terhadap situs web yang diujikan, 2) Membuat rangkuman data penelitian yang didapat terhadap situs web yang diujikan, 3) Memilih sistem Total Quality Management (TQM) yang tepat untuk diimplementasikan terhadap situs web terkait, dan 4) Memberi saran improvisasi untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada situs web terkait. Penelitian ini memfokuskan diri terhadap 3 situs web pemerintahan Indonesia dalam lingkup transportasi (Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara). Dengan metode penelitian studi pustaka dan pengambilan data melalui situs web penyedia data trafik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini 1) Data trafik situs web yang diujikan, 2) Data performa situs web yang diujikan, 3) Sistem Total Quality Management (TQM) yang dapat diimplementasikan terhadap situs web terkait, dan 4) Saran untuk meningkatkan pelayanan dan performa dari situs web terkait.

Kata Kunci : data analisis, rangkuman data, total quality management, peningkatan pelayanan.

ABSTRACT
This study is aimed to 1) Gather analysis data on tested websites, 2) Make data summary based on gathered data for tested websites, 3) Choosing the right Total Quality Management (TQM) system to be implemented on mentioned websites, and 4) Suggesting the improvement of the mentioned websites to improve the quality of their services. this study is focussing on 3 Indonesian government websites in scope of transportation (Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara). With research method of literature study and data retrieval through website traffic data provider. the result of this study are 1) Traffic data on tested websites, 2) Performance data on tested websites, 3) Total Quality Management (TQM) system to be implemented on mentioned websites, and 4) Suggesting on improving the services and performance of mentioned websites.

Keywords : data analysis, data summary, total quality management, service improvement.


PENDAHULUAN
Setiap negara pasti memiliki sistem pemerintahan dan urusan dalam pemerintahannya masing-masing. Seperti bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, transportasi, dan lain sebagainya. Sistem pemerintahan pada zaman modern ini diperlukan untuk saling terhubung antara satu unit dengan unit lainnya, begitu pula dengan masyarakatnya.
Untuk itu setiap pemerintahan diwajibkan memiliki portal penghubung dengan masyarakat, dalam hal ini portal tersebut berbentuk situs web. Situs web yang dapat diakses oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional. Saat ini masih banyak masyarakat lokal maupun negara lain mencari informasi melalui internet.
Selain itu juga dibutuhkan adanya sistem manajemen standar qualitas dalam pelayanan dan jasa, untuk situs web diperlukan sebuah standar untuk memastikan bahwa situs web dapat berjalan secara optimum, prima dan sesuai dengan target capaian situs web dan instansi yang mengelola situs tersebut.
Dengan permasalahan tersebut dibuat jurnal penelitian ini, dengan tujuan penelitian dalam bentuk pengumpulan data, kemudian menganalisis data tersebut mengenai perkembangan, keadaan, serta demografik dari situs web pemerintahan dalam bidang transportasi, yaitu : Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (hubla.dephub.go.id), Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (hubdat.dephub.go.id), serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (hubud.dephub.go.id).
Dengan metode studi literatur dari internet mengenai sistem Total Quality Management (TQM), dan pengambilan data melalui berbagai situs web penyedia data trafik seperti : similarweb.com, alexa.com, statshow.com dan gtmetrix.com untuk mendapatkan data - data yang diperlukan untuk selanjutnya dianalisa dan dibuat menjadi data terstruktur dengan tabel dan grafik.











METODE PENELITIAN
Metode penelitian dalam jurnal ini menggunakan berbagai data dengan berbagai sumber dengan metode perbandingan maka data yang didapatkan akan dibandingkan satu dengan yang lainnya dalam rumpun data yang sama.
Dalam analisis ini akan menjabarkan beberapa data kuantitatif yang dikelompokkan menurut subjeknya yaitu :

1. Kecepatan muat laman :
• Kecepatan laman.
• Besar laman.
• Latency laman.
2. Trafik laman :
• Banyaknya pengunjung.
• Banyaknya laman dilihat.
• Laman dilihat per pengunjung.
• Waktu rata-rata berkunjung.
• Tingkat bounce pengunjung.
• Demografik pengunjung.
• Rank situs web.

Sumber data kuantitatif dijelaskan dibawah ini :
1. Similarweb.com : Rata laman/orang, Rata berkunjung, Bounce Rate, Demografik pengunjung.
2. gtmetrix.com : Kecepatan muat laman internasional, Latency muat laman internasional, Besar laman.
3. statshow.com : Trafik laman, Banyak laman dilihat.
4. alexa.com : Rank laman.
5. Page load time extention : Kecepatan muat laman lokal.
6. Command Prompt : Latency muat laman lokal.
Selain analisis data kuantitatif juga diperlukan metode yang tepat dalam pengawasan kualitas, dengan sistem Total quality management (TQM) dengan berbagai macam modelnya, akan dianalisa penggunaan melalui studi literatur dari model TQM tersebut yang tepat untuk diimplementasikan pada situs web yang diuji.

PEMBAHASAN
Dalam pembahasan ini akan dijelaskan tentang data yang diperoleh serta pemilihan model sistem Total quality management (TQM) yang akan diimplementasikan terhadap situs web yang diujikan.

Data yang disajikan berikut ini diperoleh pada tanggal 19/3/2017
1.1 Kecepatan Muat Laman
Kecepatan muat laman menggunakan situs web penyedia data trafik gtmetrix.com untuk mendapatkan waktu muat laman yang diakses secara internasional.
o Konfigurasi server gtmetrix :
 Browser Firefox (Desktop) 49.0.2
 Lokasi server tes : Vancouver, Canada
Didapatkan data sebagai berikut :
1. hubdat.dephub.go.id
• Tes 1 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 15.5 detik
• Tes 2 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 13.3 detik


• Tes 3 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 13.3 detik
• Tes 4 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 12.5 detik

2. hubud.dephub.go.id
• Tes 1 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 22.4 detik
• Tes 2 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 22.9 detik
• Tes 3 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 21.8 detik
• Tes 4 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 22.3 detik
3. hubla.dephub.go.id
• Tes 1 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 25.5 detik
• Tes 2 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 23.5 detik
• Tes 3 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 12.0 detik
• Tes 3 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 10.2 detik
1.1.B Kecepatan muat laman menggunakan ekstensi browser untuk mendapatkan waktu muat laman yang diakses secara lokal.

1. hubdat.dephub.go.id
• Tes 1 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 1.05 detik
• Tes 2 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 0.96 detik
• Tes 3 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 2.02 detik
• Tes 4 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 2.92 detik

2. hubud.dephub.go.id
• Tes 1 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 20.7 detik
• Tes 2 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 13.3 detik
• Tes 3 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 13.8 detik
• Tes 4 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 13.4 detik

3. hubla.dephub.go.id
• Tes 1 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 2.96 detik
• Tes 2 Komputer : Internet 50 Mbps dan 5 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 2.25 detik
• Tes 3 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 4.59 detik
• Tes 4 Komputer : Internet 3 Mbps dan 52 ms latency
Hasil : Kecepatan muat laman 3.96 detik
Didapatkan rata-rata kecepatan muat untuk laman :

1. hubdat.dephub.go.id
• Internasional : 13.4 detik
• Lokal : 1.73 detik
2. hubud.dephub.go.id
• Internasional : 22.35 detik
• Lokal : 15.3 detik
3. hubla.dephub.go.id
• Internasional : 17.8 detik
• Lokal : 3.44 detik
1.2 Besar laman (dalam MB)
Data ukuran laman didapatkan dari gtmetrix pada saat menganalisis kecepatan muat laman.
1. hubdat.dephub.go.id
Ukuran : 6.48 MB
Internasional : 13.4 detik
Lokal : 1.73 detik
Dengan data ini didapatkan dalam koneksi internasional didapatkan bandwidth 480 KBps. Koneksi lokal didapatkan bandwidth 3.74 MBps.
2. hubud.dephub.go.id
Ukuran : 1.32 MB
Internasional : 22.35 detik
Lokal : 15.3 detik
Dengan data ini didapatkan dalam koneksi internasional didapatkan bandwidth 50 KBps. Koneksi lokal didapatkan bandwidth 80 KBps.
3. hubla.dephub.go.id
Ukuran : 3.46 MB
Internasional : 17.8 detik
Lokal : 3.44 detik
Dengan data ini didapatkan dalam koneksi internasional didapatkan bandwidth 194 KBps. Koneksi lokal didapatkan bandwidth 1 MBps.








1.3 Latency laman (dalam ms)
Data latency laman didapatkan dengan aplikasi CMD pada windows dengan memasukkan perintah : ping ‘alamatdomain’ dan menekan enter.
Pada tes ini digunakan koneksi lokal menggunakan koneksi internet 50 Mbps dan 5 ms latency agar data yang didapatkan dapat merepresentasikan kecepatan dan latency server dengan akurat. Karena koneksi internet lokal tersebut merupakan rata-rata koneksi internet di Indonesia.
1. hubdat.dephub.go.id
Latency
Minimum : 8 ms
Maksimum : 9 ms
Rata-rata : 8 ms

2. hubud.dephub.go.id
Latency
Minimum : 6 ms
Maksimum : 10 ms
Rata-rata : 7 ms

3. hubla.dephub.go.id
Latency
Minimum : 8 ms
Maksimum : 9 ms
Rata-rata : 8 ms

Grafik 1.
grafik analisa kecepatan muat laman









Dalam grafik tersebut terlihat bahwa untuk kecepatan muat Internasional ketiga laman tersebut memiliki waktu muat yang cukup lama. Dengan waktu terlama oleh web hubud.depgub.go.id yang diakses secara Internasional, dan hubad.dephub.go.id memiliki waktu muat terendah dengan akses lokal.
Grafik 2.
Grafik besar laman


Pada grafik ukuran laman didapatkan bahwa hubad.dephub.go.id memiliki ukuran paling besar yaitu 6.48 MB. Namun dengan kecepatan muat internasional yang rata-rata, dan kecepatan akses lokal tercepat dengan waktu muat 1.73 detik, dapat dilihat bahwa situs web hubad.dephub.go.id memiliki kemampuan yang baik dalam akses.
Sedangkan disisi lain, hubud.dephub.go.id memiliki ukuran laman terkecil dengan ukuran 1.32 MB dengan kecepatan muat internasional 22.35 detik, dan 15.3 detik muat secara lokal, dapat dilihat disini bahwa kemampuan server sangat jelek, dengan ukuran laman terkecil tetapi memiliki waktu muat yang tinggi.




Grafik 3.
Grafik besar latency (lokal) laman


Melanjutkan analisis kecepatan muat dan besar laman didapatkan bahwa hubud.dephub.go.id memiliki latency (delay) yang cukup rendah. Tetapi hal tersebut memunculkan pertanyaan, kenapa waktu muatnya besar padahal memiliki ukuran terkecil dan latency terkecil.
2.1 Trafik laman
Banyaknya pengunjung (Estimasi) pada saat data ini diambil : 19/3/2017
o hubdat.dephub.go.id
 Pengunjung Harian : 11.279 Orang
 Pengunjung Bulanan : 338.370 Orang
 Pengunjung Tahunan : 4.116.835 Orang
http://www.statshow.com/www/hubdat.dephub.go.id

o hubud.dephub.go.id
 Pengunjung Harian : 2.409 Orang
 Pengunjung Bulanan : 72.270 Orang
 Pengunjung Tahunan : 879.285 Orang
http://www.statshow.com/www/hubud.dephub.go.id

o hubla.dephub.go.id
 Pengunjung Harian : 12.578 Orang
 Pengunjung Bulanan : 377.340 Orang
 Pengunjung Tahunan : 4.590.970 Orang
http://www.statshow.com/www/hubla.dephub.go.id

Banyaknya laman dilihat (Estimasi) pada saat data ini diambil : 19/3/2017
o hubdat.dephub.go.id
 Laman dilihat Harian : 24.846 Laman
 Laman dilihat Bulanan : 744.480 Laman
 Laman dilihat Tahunan : 9.057.840 Laman
http://www.statshow.com/www/hubdat.dephub.go.id

o hubud.dephub.go.id
 Laman dilihat Harian : 5.301 Laman
 Laman dilihat Bulanan : 159.030 Laman
 Laman dilihat Tahunan : 1.934.865 Laman
http://www.statshow.com/www/hubud.dephub.go.id

o hubla.dephub.go.id
 Laman dilihat Harian : 27.672 Laman
 Laman dilihat Bulanan : 830.160 Laman
 Laman dilihat Tahunan : 10.100.280 Laman
http://www.statshow.com/www/hubla.dephub.go.id

2.2 Rata-rata banyaknya laman dilihat per pengunjung
Didapatkan dari banyaknya laman yang dilihat dibagi dengan banyaknya pengunjung. Data berlaku dalam skala harian, bulanan, dan tahunan.
o hubdat.dephub.go.id
 Laman/pengunjung : 2.2 Laman (Perhitungan)
 Laman/pengunjung : 2.12 Laman (similarweb)

o hubud.dephub.go.id
 Laman/pengunjung Harian : 2.2 Laman (Perhitungan)
 Laman/pengunjung Harian : 3.76 Laman (similarweb)

o hubla.dephub.go.id
 Laman/pengunjung Harian : 2.2 Laman (Perhitungan)
 Laman/pengunjung Harian : 2.97 Laman (similarweb)

Dapat dilihat bahwa ketiga laman tersebut memiliki pengunjung yang rata-rata melihat sebanyak 2.2 (menggunakan metode laman/pengunjung) laman saat membuka halaman web tersebut.









2.3 Waktu rata-rata pengunjung
Didapatkan dari situs web similarweb.com untuk masing masing laman.
o hubdat.dephub.go.id
 Rata-rata berkunjung : 2 Menit 1 Detik

o hubud.dephub.go.id
 Rata-rata berkunjung : 4 Menit 30 Detik

o hubla.dephub.go.id
 Rata-rata berkunjung : 2 Menit 39 Detik

2.4 Tingkat bounce pengunjung.
Bounce rate adalah persentase pengunjung yang masuk ke situs web lalu pengunjung tersebut langsung keluar tanpa melihat halaman lain dari web. Secara sederhana, bounce rate bisa diartikan persentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman di web tersebut.

Didapatkan dari situs web similarweb.com untuk masing masing laman.
o hubdat.dephub.go.id
 Tingkat bounce : 57.17%

o hubud.dephub.go.id
 Tingkat bounce : 40.06%

o hubla.dephub.go.id
 Tingkat bounce : 38.35%


Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi bounce rate pada situs web :
• Kecepatan muat laman
• Desain laman
• Kualitas konten isi laman
• Tautan internal
• Tautan eksternal



2.5 Demografik Pengunjung
Didapatkan dari situs web similarweb.com untuk masing masing laman.
o hubdat.dephub.go.id
 Indonesia : 96.27%
 United States : 1.54%
 United Kingdom : 0.99%
 Timor-Leste : 0.44%
 Singapore : 0.38%
 Negara lainnya : 0.38%

Grafik 5.
Grafik demografik pengunjung hubdat.dephub.go.id


o hubud.dephub.go.id
 Indonesia : 87.44%
 Vietnam : 3.45%
 South Africa : 2.12%
 Malaysia : 1.28%
 Checz Republic : 1.07%
 Negara lainnya : 4.64%










Grafik 6.
Grafik demografik pengunjung hubud.dephub.go.id


o hubla.dephub.go.id
 Indonesia : 93.59%
 Germany : 1.93%
 United States : 1.92%
 United Arab Emirates : 1.87%
 Singapore : 0.69%
 Negara lainnya : 0.01%

Grafik 7.
Grafik demografik pengunjung hubla.dephub.go.id


2.6 Rank situs web
Rank situs web menggunakan alexa rank tetapi dengan data yang diambil dari situs web statshow.com untuk masing masing laman.
o hubdat.dephub.go.id
 Alexa Rank : 42.312
o hubud.dephub.go.id
 Alexa Rank : 198.059
o hubla.dephub.go.id
 Alexa Rank : 37.944

3. Total Quality Management (TQM)
Dalam analisa ini akan memfokuskan kepada analisa penggunaan model Total Quality Management (TQM) terhadap situs web pemerintahan dalam bidang transportasi yang sudah dibahas sebelumnya, yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (hubla.dephub.go.id), Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (hubdat.dephub.go.id), serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (hubud.dephub.go.id).
Untuk pemilihan model Total Quality Management yang baik digunakan untuk melakukan pengecekan standar kualitas adalah model Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA)

Gambar 1. Malcolm Baldrige National Quality Award
Sumber: s.nist.gov (2017)
Yang merupakan salah satu metode untuk meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan dan terus menerus (continuously improvement) dengan menggunakan pengukuran dan memberikan feedback mengenai kinerja organisasi secara keseluruhan dalam penyediaan produk dan jasa yang berkualitas. dengan penjelasan singkat tersebut penulis model ini merupakan model yang baik untuk diimplementasikan dalam sistem situs web yang sudah dianalisa sebelumnya.
Dengan melakukan pengumpulan feedback dari pengunjung dan melakukan pengecekan, perbaikan dan perubahan pada struktur, fungsi dan sistem dalam situs web, maka situs web tersebut sudah baik kualitasnya. Oleh karena itu dibutuhkan kerja oleh tim dari masing-masing situs web untuk membuat kolom feedback agar pengunjung dapat memberikan pendapatnya. Dan perlu diperhatikan kelanjutan dari feedback tersebut, sebagaimana pendapat pengunjung dapat meningkatkan kualitas dari situs web yang bersangkutan. Setelah feedback diterima diharapkan situs web dapat melakukan optimasi terhadap situsnya masing-masing setiap minggu atau setiap bulan minimalnya, agar situs web selalu memenuhi standar yang terus berubah-ubah.
PENUTUP

1. Kesimpulan
Dengan tujuan mendapatkan intisari dari data analisis terhadap situs web Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (hubla.dephub.go.id), Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (hubdat.dephub.go.id), serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (hubud.dephub.go.id). Yang berupa data kecepatan laman, besar laman, latency laman. Dalam rumpun data (Kecepatan muat laman), dan banyaknya pengunjung, banyaknya laman dilihat, laman dilihat per pengunjung, waktu rata-rata berkunjung, tingkat bounce pengunjung, demografik pengunjung, rank situs web. Yang termasuk dalam rumpun data (trafik laman). Didapatkan intisari data dalam bentuk data terstruktur dalam bentuk tabel.

Tabel 1.
Tabel analisa kecepatan muat laman

Tabel 2.
Tabel analisa kecepatan muat, besar dan latency laman


Tabel 3.
Tabel data trafik, laman dilihat, laman/pengunjung, rata waktu berkunjung, bounce rate, alexa rank


Dalam aspek konektivitas pada situs web yang telah disebutkan masih terdapat beberapa masalah, dapat dilihat pada Grafik 1, yang memuat kecepatan laman, baik kecepatan akses internasional maupun lokal, yang masih terasa cukup lambat. Pada Grafik 2, terdapat ukuran dari masing-masing situs web, dimana situs web hubud.dephub.go.id memiliki ukuran yang paling kecil dengan waktu akses (referensi: Grafik 1) yang paling lambat, sedangkan jika ditinjau dari Grafik 3, situs web hubud.dephub.go.id memiliki kemampuan delay yang baik daripada situs web lainnya yang diuji.
Untuk permasalahan tersebut dapat dilihat pada Grafik 4 dibawah ini :










Grafik 4.
Grafik besar bandwidth laman


Ternyata jawaban dapat ditemukan dari bandwidth yang tersedia pada laman tersebut, hubud.dephub.go.id memiliki bandwidth terkecil dari laman lainnya. Dengan kecepatan bandwidth Internasional hanya 50 KBps dan lokal dengan kecepatan 80 KBps, nilai ini didapatkan dari ukuran besar laman dibagi dengan kecepatan muat laman.

Tentu saja hubdat.dephub.go.id yang memiliki ukuran laman terbesar yaitu 6.48 MB dapat berjalan dengan cepat. Karena memiliki bandwidth yang besar, yaitu 3750 KBps atau 3.75 MBps untuk kecepatan lokal, dan memiliki bandwidth Internasional tercepat dari ketiga laman dengan kecepatan 480 KBps.
Serta sistem Total Quality Management yang baik untuk diimplementasikan dalam situs web tersebut adalah Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) dimana dengan sistem umpan balik (feedback) dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas mutu dan layanan situs web serta sekaligus merupakan sebuah sistem kontrol kualitas yang bekerja secara terus-menerus (continuously) selama sistem umpan balik (feedback) masih berkelanjutan.

2. Saran
Dari hasil analisis yang dilakukan didapatkan beberapa saran sebagai berikut :
• Hendaknya pemerintah meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitas internet pada server maupun kemampuan server itu sendiri untuk keefektifan laman dan infrastrukturnya. Terutamma untuk situs web hubud.dephub.go.id yang ditemukan beberapa masalah optimasi dalam konektivitasnya dapat dillihat dengan data rata-rata dibawah ini :

• hubdat.dephub.go.id
• Internasional : 13.4 detik
• Lokal : 1.73 detik
• hubud.dephub.go.id
• Internasional : 22.35 detik
• Lokal : 15.3 detik
• hubla.dephub.go.id
• Internasional : 17.8 detik
• Lokal : 3.44 detik
Dengan hubud.dephub.go.id memiliki performa terburuk dari 3 situs web yang diuji.
• Saran terpisah yang ditujukan kepada 3 situs web yang sudah disebutkan diharapkan untuk menambahkan kolom feedback agar kegiatan MBNQA dapat berjalan dengan pengunjung atau masyarakat sebagai juri yang menilai dan memberikan optimasi kepada situs web yang bersangkutan.


• Kepada developer atau pengurus situs web yang bersangkutan untuk terus melakukan perbaikan dan kontrol terhadap situs webnya dikarenakan standar dan level dari situs web yang tinggi dalam lingkup pemerintahan, dimana dalam lingkup ini situs web menjadi salah satu poin penting yang bersangkutan secara langsung terhadap kinerja pemerintahan.


DAFTAR PUSTAKA
[1] Satria D, Fitria, Andri, Nurul, Tiara Azalia. (2017). Analisis web. Bogor
[2] Satria D, Fitria, Andri, Nurul, Tiara Azalia. (2017). Total Quality Management.
Bogor





anda juga bisa mendownload dalam bentuk offline Klik Disini 

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Komentar silakan login akun google

 

©Copyright 2015 CoffeMix Gundar :) |Design Edited By Muhammad Andri Imawan.