Pengembangan Komunikasi

Rabu, 12 Oktober 20160 komentar
TEORI ORGANISASI UMUM 2











DISUSUN OLEH :

MUHAMMAD ANDRI IMAWAN
14115503
2KA01




FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016







PENGERTIAN DAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI

 komunikasi adalah proses dimana orang saling bertukar informasi sacara lisan maupun tulisan

ada 2 nilai penting untuk menyampaikan sebuah informasi dalam berkomunikasi yaitu efektif dan efisien

Komunikasi yang efektif adalah sebuah komunikasi yang menyampaikan informasi secara jelas dan sang penerima informasi menangkap informasi dengan akurat

komunikasi yang efisien adalah sebuah penyebaran informasi yang membutuhkan waktu cepat, biaya minimum sumber terkendali.

Bisa dikatakan bahwa komunikasi merupakan hal yang terpenting atau vital bagi manusia. Tanpa komunikasi maka manusia bisa dikatakan ‘tersesat’ dalam belantara kehidupan ini. “Orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan manusia bisa dipastikan akan ‘tersesat’, karena ia idak bisa menaruh dirinya dalam lingkungan sosial”(Dedy Mulyana, 2003:5).

Dalam konteks hubungan sosial, setiap individu akan berinteraksi dengan individu lainnya. Interaksi tersebut dilakukan karena adanya maksud, baik itu untuk mempengaruhi individu maupun tujuan-tujuan tertentu lainnya. Dalam proses berinteraksi inilah   Pengertian komunikasi.

Perkembangan Komunikasi dari Abad 1930-sekarang

1. Tahap Awal sampai Tahun 1930-an. 
Periode ini merupakan gabungan dari fase fragmentasi sebagaimana yang dibuat oleh Delia (1900-1940) dan fase awal (early communication study) dan perkembangan speech & journalisme tahun 1900 – 1930-an menurut Ruben dan Davis.

2. Era Tahun 1940-1950 
Oleh Ruben, masa ini disebutnya sebagai “interdisciplinary growth” bagi perkembangan ilmu komunikasi. Yang mencirikan adalah munculnya sejumlah ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu sosial turut mengembangkan teori komunikasi yang melampaui batas ilmu asal mereka. 

3. Era Tahun 1960-an 
Era ini disebut sebagai era integrasi yang ditandai oleh adanya sintesis pemikiran dari retorika, jurnalistik dan media massa dengan disiplin dari ilmu sosial lainnya. Gejala komunikasi menjadi perhatian penting dalam berbagai disiplin ilmu. 

4. Era Tahun 1970-an hingga Awal Tahun 1980-an 
Era ini merupakan era pertumbuhan dan spesialisasi, di mana dalam ilmu komunikasi muncul bidang semacam komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi politik, komunikasi internasional dan komunikasi 
interkultural. Demikian juga profesi di dalam bidang komunikasi. Pertumbuhan industri komunikasi dan media yang mulai melebar juga terjadi di era ini. 

5. Era Tahun 1980-an hingga Sekarang 
Era ini, oleh Baran & Davis, disebutnya sebagai era informasi (the information age), meski Toffler (1992) menyebut era informasi ini sudah mulai berkembang sejak tahun 1960-an. Era ini ditandai oleh besarnya peran yang dimainkan oleh teknologi komunikasi dan informasi dalam masyarakat. Besarnya peran itu salah satunya disebabkan oleh terjadinya konvergensi media dan teknologi, yang muncul dalam berbagai bentuk teknologi hibrida yang memungkinkan perubahan sedemikian rupa dalam komunikasi yang dilakukan oleh umat manusia. Sebagian juga melihat era ini sebagai globalisasi – sebuah konsekuensi dari perkembangan pervasif teknologi komunikasi itu. 


Jenis Dan Proses Komunikasi

1. Komunikasi Lisan (bicara)
 komunikasi lisan adalah sebuah penyampaian informasi melalui suara langsung sumber informasi komunikasi lisan dibagi menjadi 2 yaitu secara langsung dan tidak langsung

a. komunikasi lisan langsung adalah sebuah penyampaian informasi langsung tanpa perantara alat maupun sesuatu yang bisa menyampaikan informasi ke penerima informasi.

b. komunikasi lisan tidak langsung adalah sebuah penyampaian informasi dengan alat bantu seperti handphone maupun penyiaran suara lainnya.

2. Komunikasi Tulisan
komunikasi tulisan adalah sebuah penyampaian informasi melalui tulisan sebagai perantara penyebaran informasi seperti Sms, surat kabar ,  dll

3.Komunikasi Efektif
komunikasi efektif adalah sebuah penyampaian informasi yang mampu menghasilkan perubahan pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi

4. Implikasi Manajerial
implikasi manajerial adalah suatu proses yang berupa tata cara melakukan penyampaian, dalam manajemen ini terdapat 2 implikasi yaitu:

a. Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, perencanaan kerja
b. Implikasi Kebijakan meliputi subtantif, perkiraan/ perumusan tindakan

Kesimpulan pengembangan komunikasi

pada tiap abad pengembangan komunikasi sangat segnifikan/ terlihat jelas dari yang mulai tatap muka langsung hingga menggunakan alat bantu yang lebih efisien dan cepat dan penyebaran luas, sehingga bisa dikatakan pengembangan komunikasi sangat membantu dalam berbagi informasi formal maupun non formal


Refrensi

Wikipedia
Kangarul.wordpress
Education
Jurnal komunikasi massa Vol 3




0 komentar:

Posting Komentar

Untuk Komentar silakan login akun google

 

©Copyright 2015 CoffeMix Gundar :) |Design Edited By Muhammad Andri Imawan.